By / Buku Kajian Modern ID

Al-Qur’an Abad 21 Tafsir Kontekstual

Spread the love

screen-shot-2016-11-20-at-2-02-05-pmAl-Qur’an Abad 21 menyoroti perkembangan tafsir al-Quran dan mengangkat perdebatan mutakhir tentang pendekatan-pendekatan baru dalam tafsir.

Buku karya Prof. Abdullah Saeed ini:
1. Meninjau ulang pendekatan-pendekatan dominan pada masa pra-modern, pendekatan tekstualisme, dan reaksi terhadap penafsiran feminis terhadap al-Quran dewasa ini.
2. Mengulas berbagai isu mutakhir seperti watak hierarkis dari nilai-nilai al-Quran, kriteria penggunaan hadis dalam ilmu tafsir, kecairan makna/pemaknaan, serta bagaimana mempertahankan stablitas makna tertentu dalam penafsiran
3. Mengkritisi tema-tema penting al-Quran, serta membandingkan penafsiran pra-modern dan modern untuk menunjukkan watak evolutif dari penafsiran. Kasus-kasus yang diangkat antara lain: otoritas laki-laki atas perempuan, kemati-an/penyaliban Isa, syura dan demokrasi, serta kasus riba dan bunga bank.

Pengarang menawarkan panduan praktis bagaimana melakukan penafsiran dan menyajikan ide-ide kunci seputar pendekatan kontekstualis, yang meletakkan pesan-asli al-Quran kepada konteks sosial, politik, ekonomi, dan intelektual yang lebih luas. Dia mengusulkan metode penafsiran yang lebih fleksibel, yang mengakui khazanah tafsir al-Quran lama sembari mencermati kondisi yang terus berubah, dan menyadari kebutuhan akan pendekatan-pendekatan baru dalam penafsiran al-Quran.

http://www.gramedia.com/al-quran-abad-21-tafsir-kontekstual.html


Spread the love

Leave a Comment

Your email address will not be published.