By / Artikel Kajian Modern ID

Asal Usul dan Evolusi Hukum Islam

Spread the love

ARTIKEL ini merupakan ringkasan (review) dari buku yang ditulis oleh Wael B. Hallaq yang bertajuk The Origins and Evolution of Islamic Law. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa selama masa kerasulan Muhammad, hukum sebagai sebuah doktrin dan sistem belumlah pernah terpikirkan. Konsep hukum Islam baru mulai dielaborasi beberapa tahun sebelum kematian Nabi. Dengan munculnya ahli hukum pada abad pertama Hijriyah, terjadi perkembangan dan peningkatan otoritas kenabian, yang diwakili oleh munculnya hadist yang merupakan ekspresi verbal dan perilaku Muhammad.

Kita kembali ke dinamika perubahan otoritas hukum, yang menandai pergeseran praktik sunnah menuju proliferasi Hadis Nabi selama paruh kedua abad ke-10 secara bertahap.

Asal Usul

Masyarakat Arab memiliki dua kerangka hukum, yaitu; Pertama, hukum yang mengatur penduduk tetap Arab. Mereka adalah masyarakat petani dan pedagang; Kedua, hukum yang mengurusi masyarakat Arab nomaden dan bergantung pada hukum adat.1 Misalnya dalam hukum pidana, baik masyarakat perantau Badui maupun penduduk tetap Arab, mereka sama-sama mengikuti aturan hukum Badui.

Dalam hal ini, pengetahuan Muhammad mengenai praktik hukum sudah sangat maju. Hal itu terlihat dalam pembentukan al-Qur’an dan Konstitusi Madinah, dua dokumen yang keasliannya tidak dapat diragukan. Sebelum hijrah ke Madinah, Muhammad punya misi untuk memperbaiki iman dan etika, menyerukan kerendahan dan kemurahan hati, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat Madinah kepada Allah SWT.

SELENGKAPNYA: 7-asal-usul-dan-evolusi-hukum-islam


Spread the love

Leave a Comment

Your email address will not be published.