Overview

Selama berabad-abad lamanya, pusat studi yang menjadi tujuan bagi para intelektual Muslim Indonesia adalah di Timur Tengah dan wilayah sekitarnya. Biasanya ini dialami oleh siswa yang berasal dari jaringan pesantren maupun universitas di Indonesia, yang kemudian melanjutkan pendidikannya di sana. Berbagai studi yang diterima mahasiswa di Timur Tengah seperti meningkat pengetahuan tentang pendidikan Islam tradisional yang diikuti selama lebih dari 1.000 tahun.

Namun selama 30-40 tahun terakhir, kajian studi Islam modern berkembang secara cepat, yang menggunakan pendekatan berbeda dari sekedar pendidikan Islam tradisional. Di berbagai universitas di negeri-negeri Barat, baik intelektual muslim maupun non muslim, saat ini telah memiliki keahlian di berbagai disiplin ilmu yang relevan terhadap studi Islam, dan mereka telah mengambil pendekatan yang lebih akademik dengan kembali melihat asal-usul al-Qur’an dan Islam awal.

Beberapa wilayah kajian tersebut adalah seperti ilmu linguistik dan struktur bahasa al-Qur’an, konteks historis Islam awal, serta pendekatan analisis tematik al-Qur’an. Karena beberapa wilayah kajian Islam yang baru ini, sejumlah sarjana kembali ke Indonesia yang mengalami bidang studi ini, lalu berkomentar bahwa daripada pendidikan Islam bersifat statis, justru pendidikan Islam modern menyajikan pemikiran baru yang progresif.

Website ini berupaya menyajikan pandangan yang seimbang mengenai studi Islam modern, dengan menyampaikan pemahaman baru yang sudah dipraktikan secara akademis. Pada umumnya, pandangan Islam modern moderat yang tersedia dalam website ini mencakup dua bidang: Pertama, menghilangkan penekanan al-Hadis dan tradisi yang datang belakangan sebagai sumber utama untuk memahami konteks al-Qur’an dan asal-usul Islam. Kedua, al-Qur’an sendiri pada umumnya tidak diperdebatkan sebagai sebuah teks, terutama setelah penemuan naskah (manuskrip) yang tidak diragukan lagi baru-baru ini, dan al-Quran adalah sumber utama untuk memahami lingkungan budaya pada awal abad ke-7 di Arabia.

Website ini dirancang dalam rangka mengenalkan berbagai sumber dan artikel yang berkaitan dengan studi Islam modern. Karena itu, beberapa tulisan yang disajikan mengajukan konsep baru yang masih belum dievaluasi secara akademis.

Dengan ini, tentu PUSAM tidak selalu setuju dengan semua bacaan yang direkomendasikan. Namun demikian, ada baiknya bila kita mengutip pernyataan Gabriel Said Reynolds (2014), salah seorang pemimpin di bidang kajian Studi al-Qur’an, yang menjelaskan: “Sepertinya masa keemasan studi al-Quran telah tiba”. Sangat mungkin, bila masa keemasan ini tidak terbatas pada studi al-Qur’an, tetapi juga berkontribusi terhadap komunitas Muslim yang sehat, maju dan makmur di Indonesia.

دَرَجَـاتٍ الْعِـلْمَ اُوْتُوا وَاَّلذِيْنَ مِنْكُمْ اَمَنُوْا الَّذِيْنَ اللهُ يَرْفَعِ
وَبَرَكاَتُهُ اللهِ وَرَحْمَةُ عَلَيْكُمْ والسَّلاَمُ

Resources Kajian Modern dalam Studi Islam

Buku

Buku-buku Terbaru seperti "Kontroversi Islam Awal" memberikan gambaran besar dari berbagai penulis mengenai asal-usul Islam.
Read More

Artikel

Baca studi akademis dalam berbagai postingan Jurnal mengenai pemahaman baru tentang Sejarah Islam dan konteksnya.
Read More

Multimedia

Terdapat dalam seri video ini materi mengenai mengajar seri Qur'an sebagai sebuah teks, dan asumsi banyak orang ketika membaca Al-Qur'an.
Read More