By / Artikel Kajian Modern ID

Laporan Konferensi Internasional “The Qur’an and Hadith between Text and Context”

Spread the love

Pada tanggal 9 – 10 Desember 2011 telah diselenggarakan Konferensi Internasional dengan tema “The Qur’a>n and H{adi@th between Text and Context” di Auditorium Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta. Dalam acara tersebut, hadir beberapa narasumber dan pengkaji al-Qur’an dan Hadith. Acara konferensi ini juga diiringi dengan pembentukan asosiasi pengkaji al-Qur’an dan Hadith dengan nama Qur’a>n and Ha{ dit@ h Academic Society (QUHAS). Banyak di antara narasumber dan peserta konferensi yang selanjutnya mendaftarkan diri menjadi anggota QUHAS.

Dalam Opening Remarks-nya pada acara Pembukaan tanggal 9 Desember 2012, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Rektor UIN Jakarta, mengapresiasi kegiatan Konferensi ini serta pembentukan asosiasi pengkaji al-Qur’a>n dan H{adit@ h. Secara bercanda beliau menyampaikan bahwa karena posisi al-Qur’a>n dan Ha{ di@th sebagai sumber yang utama dalam tradisi Islam, maka tidak ada lagi asosiasi yang lebih tinggi dari asosiasi QUHAS ini.

Adis Duderija, penulis buku Constructing a Religiously Ideal ‘Believer’ and ‘Woman’ in Islam: Neo-Traditional Salafi and Progressive Muslim Methods of Interpretation,1 yang saat itu menjadi Research Associate di University of Melbourne Australia, memberikan Keynote Speech-nya tentang “Pre-Modern and Critical Progressive Methodologies of Interpretation of the Qur’a>n and the Sunnah.2 Buku dan tema presentasi Dr. Duderija sangat relevan dengan tema konferensi karena ia membandingkan antara metodologi interpretasi kelompok tekstual, yaitu Neo Traditional Salafi, dan kelompok kontekstual, yaitu kelompok Muslim Progressif.

SELENGKAPNYA: 4-the-quran-and-hadith-between-text-and-context


Spread the love

Leave a Comment

Your email address will not be published.