Master Level Course

Master Level Course on Shariah and Human Rights: Background and Core Contemporary Issues in Indonesia.

Tujuan

  • Untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang memadai kepada mahasiswa/peserta tentang hubungan antara Syari`ah dan Hak Asasi Manusia, harmoni, konflik dan persimpangan keduanya, serta tentang isu-isu kontemporer inti di Indonesia.
  • Untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa/peserta untuk melakukan penelitian; Umumnya dalam isu atau topik tertentu tentang Syariah dan HAM, dan khususnya tentang kebebasan beragama atau memeluk kepercayaan.
  • Untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa/peserta untuk mempresentasikan dan mendiskusikan makalah penelitian mereka dalam seminar dibawah bimbingan cendekiawan dan ahli HAM

Flyer

Klik untuk memperbesar Gambar

Organisasi Mitra

Panitia acara ini adalah PUSAM UMM dengan bekerjasama dan didukung oleh
The Oslo Coalition - Norwegian Center for Human Rights

The University of Oslo. The International Center for Law and Religion Studies – ICLRS
Brigham Young University, Provo, Utah, USA
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Institusi-institusi terkait.

Resource Persons

Outline Program

TAHAP 1

Kuliah / Lokakarya 5 Hari

Pada tahap ini, mahasiswa / peserta tinggal di tempat (hotel) di mana lokakarya dilakukan. Lokakarya ini meliputi kegiatan sebagai berikut: ceramah oleh dosen atau narasumber, diskusi kelompok peserta, tugas membaca, dan presentasi mahasiswa/peserta tentang topik penelitian.

TAHAP 2

Penelitian Tiga Bulan (Penelitian Lapangan)

Pada fase ini, semua mahasiswa / peserta melakukan penelitian (perpustakaan dan atau lapangan) dengan topik yang dipilih mengenai Syari’ah dan HAM di Indonesia. Pada tahap ini, mahasiswa/peserta berkonsultasi dengan dosen terkait konten, metode, pendekatan, dan teknik. Output dari penelitian ini adalah laporan tertulis/paper (sekitar 15 halaman) yang harus disajikan dan dibahas dalam seminar kelas (Tahap 3).

TAHAP 3

Empat hari Seminar Mahasiswa

Semua mahasiswa / peserta diundang untuk menghadiri kamp selama 4 hari guna melakukan presentasi kelas / seminar. Setiap peserta mempresentasikan paper hasil penelitiannya. Paper tersebut dibahas dan dikomentari oleh semua peserta dan diperiksa oleh dosen. Mahasiswa/peserta harus merevisi paper mereka sesuai dengan komentar, rekomendasi atau koreksi dari semua peserta dan dosen.

Peserta

Tanggal Kuliah Berikutnya:
Biaya:

Klik di sini untuk melihat silabus kuliah ini

Jumlah peserta adalah 25 orang, yang terdiri dari terutama mahasiswa Master (S2) yang dipilih dari berbagai disiplin ilmu (Agama/Studi Islam, Hukum, Sosiologi, Ilmu Politik) dari Universitas yang berbeda di Indonesia, serta akademisi aktivis muda HAM.

PUSAM sebagai penyelenggara Master Level Course akan mengirim surat undangan kepada universitas atau fakultas atau organisasi non-pemerintah (LSM) di Indonesia (khususnya Jawa Timur), guna meminta mereka untuk merekomendasikan mahasiswa atau aktivis mereka untuk mengikuti kuliah.

Kebebasan Beragama dan Hak Asasi Manusia di Indonesia

Selain Master Level Course dalam Syari’ah dan HAM, PUSAM juga menyelenggarakan Program PROSPECT (Meningkatkan Proteksi dan Penghormatan terhadap Kebebasan Beragama dan Hak Asasi Manusia di Indonesia), Yang didanai oleh The Asia Foundation.

PUSAM juga menyelenggarakan seminar tentang KBB / HAM yang melibatkan mahasiswa dan masyarakat luas. Dengan  kegiatan tersebut, masyarakat diharapkan memiliki apresiasi yang konstruktif terhadap HAM / KBB.