Overview

Wacana mengenai Hak Asasi Manusia (HAM) hingga hari ini masih menjadi perbincangan yang diperdebatkan di Indonesia. Sebagian pihak telah menerimanya atas dasar kemanusiaan, tetapi banyak juga yang tetap menolaknya karena beberapa pemikiran HAM bertentangan dengan nilai dan adat ketimuran.

HAM dan Hukum Islam juga menjadi satu isu tersendiri. Antara keduanya dikatakan tidak kompatibel, karena yang satu dibuat atas dasar pemufakatan bangsa-bangsa, sementara yang satu lagi adalah ciptaan Tuhan. Akibat cara pandangan yang berjarak tersebut, maka sangatlah sulit untuk menemukan persinggungan di antara keduanya.

Padahal, antara Hukum Islam dan HAM memiliki visi perjuangan yang sama, yaitu memanusiakan-manusia (humanisasi) dan pembebasan manusia (liberasi). Ide mengenai HAM juga terdapat dalam Islam, yang telah tertuang dalam syari’ah sejak diturunkannya agama tauhid ini. Seluruh alam dan semua yang ada dipermukaan bumi adalah ciptaan Allah. Semua manusia, hewan, tumbuhan dan benda tak bernyawa berasal dari Allah. Dengan demikian, dalam tauhid terkandung ide persamaan dan persaudaraan seluruh manusia.

Pada kerangka berfikir ini sesungguhnya penilaian yang mengatakan bahwa Hukum Islam dan HAM tidak kompatibel, terbantahkan secara absolut. Sebab itu, Pusat Studi Agama dan Multikulturalisme Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang (PUSAM UMM) ingin membuka pemahaman kepada masyarakat umum bahwa sesungguhnya Hukum Islam dan HAM memiliki persinggungan yang sama, yaitu ide tentang humanisasi.

Resources Sharia & HAM

Buku

Buku-buku seperti "Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan: Seberapa Jauh?", memaparkan masalah mengenai Hukum Syariah, Hak Asasi Manusia dan Kebebasan Beragama.
Read More

Artikel

Dalam artikel-atikel ini Anda akan membaca berbagai studi kasus di seluruh Indonesia mengenai pemahaman Hak Asasi Manusia & Hukum Syariah yang terintegrasi.
Read More

Multimedia

Akan segera muncul banyal MultiMedia yang memaparkan pondasi keterkaitan Hukum Syariah dengan Hak Asasi Manusia.
Read More